Engkau akan bersama dengan orang yang kau cintai

Advertisement
Kisah islami tentang seorang arab badui yang bertanya kepada Rasulullah sangat singkat ceritanya tapi penuh dengan pembelajaran yang sangat berarti bagi setiap muslim yang beragama islam. Sebelumnya telah disharing kisah islami Dialog Muhammad SAW dengan Iblis yang banyak pembelajaran sangat penting sekali untuk kita semua untuk menghindari godaan Iblis. Nah kali ini cerita sangat singkat tapi inyaAllah dapat bermanfaat.

Seorang Arab Badui menyeruak jamaah sholat untuk mendekati Rasulullah SAW. Ketika sudah dekat, orang itu bertanya "Kapankah kiamat terjadi?" Nabi tidak menjawab, karena sholat sudah hampir ditunaikan.

Ketika sholat telah usai, dengan lembut penuh wibawa. Rasulullah SAW, bersabda, "Mana orang yang tadi bertanya tentang hari kiamat?". Orang itu segera menjawab "Saya, wahai Rasulullah". Nabi balik bertanya, "Apa yang telah engkau persiapkan untuk menyambut datangnya kiamat?". Sejenak, majelis itu diliputi suasana hening, sampai orang itu berucap, "Saya tidak mempersiapkan amal yang banyak. Saya hanya mencintai Allah dan Rasul-Nya".

Dengan tersenyum, Nabi menjawab, "Engkau akan bersama dengan orang yang kau cintai".
Cinta Allah dan Rasul-Nya

Sungguh luar biasa ungkapan Rasulullah SAW ini, sehingga menggugah kepenasaran para sahabat untuk ikut bertanya, "Wahai Rasulullah apakah ucapan itu hanya berlaku untuk dia saja?" Rasulullah SAW menjawab, "Tidak, ucapanku ini berlaku pula untuk kalian dan orang-orang sesudah kalian". kegembiraan segera menyelimuti orang-orang yang hadir di majelis itu, hingga Anas bin Malik berujar, "Aku belum pernah melihat kaum muslimin begitu berbahagia setelah masuk Islam karena sesuatu, seperti bahagianya mereka mendengar sabda Nabi SAW tersebut"

Lalu pertanyaannya siapakah engkau ? apakah engkau mencitai Allah dan Rasul-Nya ?
Advertisement
Engkau akan bersama dengan orang yang kau cintai | Iptek Informasi | 5

2 comments:

  1. Tolong Pak Guru dijelaskan lebih rinci maksud dari kata-kata Nabi yang "Engkau akan bersama orang yang kau cintai" apa ini hanya hubungan antara manusia, Nabi dan Tuhan atau juga hubungan antara sesama manusia lain????

    Thanks ya Pak Guru buat jawabannya :)

    ReplyDelete
  2. :D Dari pemikiran yg sok tau gw aja nih ya...
    Cinta adalah nikmat agung yang Allah karuniakan kepada manusia. Dengan cinta itulah hidup manusia jadi lebih bermakna (QS Ali Imran 14). Banyak orang yg ibadahnya lebih besar dan tinggi dari pada kita, namun konsekuensi cinta kepada Allah dan Rasulullah dijanjikan oleh Rasulullah SAW sendiri kebersamaan dirinya di surga kelak. Cinta tidak hanya kepada Allah dan Rasulullah saja tetapi kepada semua yg telah diciptakan Allah di alam ini, karena bagaimanapun juga semua ini adalah ciptaan Allah SWT.

    ReplyDelete